Jumat, 03 Juli 2015

BEBERAPA TRIK UNTUK MEMBUAT ANJING PATUH



hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

Membuat Anjing Patuh

Siapa yang tidak ingin memiliki anjing yang patuh pada majikannya. Tentu saja semua pemilik anjing ingin membuat anjing kesatangan patuh. Namun, sama halnya dengan manusia, setiap anjing memiliki karakter dan psikologi yang berbeda.


Beberapa trik berikut mungkin bisa dicoba untuk membuat anjing patuh pada sang majikan:
  1. Bangun kedetakan dengan anjing Anda . Sering-seringlah mengajaknya berkomunikasi. Anjing berbicara dengan kita dengan melalui energi,  bahasa tubuh, raut wajah, gerakan ekor dan kuping, postur tubuh dan suara. Dengan kedekatan, anjing akan lebih mudah untuk dilatih dan mendengarkan Anda.
  2. Mengajak anjing bicara, gunakan intonasi yang lembut untuk perilaku baiknya. Jika perilaku anjing tidak baik, gunakan intonasi rendah namun tegas baik isyarat tangan maupun perintah.
  3. Jangan memaksa anjing latihan jika Anjing tidak dalam mood yang baik atau kurang sehat. Jika dipaksakan, anjing akan sering melakukan kesalahan, lalu Anda hukum, dan mental anjing pun akan turun. Dan untuk membangkitkan semangat anjing lagi, butuh waktu yang lama.
  4. Kenali sifat dan karekter anjing Anda. Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda. Berikanlah latihan yang sudah dikuasainya baru latihan yang belum dikuasainya.
  5. Latihlah anjing dengan konsisten. Misalnya, jika Anda tidak suka dia naik ke atas kursi, jangan biarkan anjing Anda sekalipun naik ke atas kursi. Jika sesekali boleh, sesekali tidak boleh, akan membuat anjing Anda bingung.
  6. Buat  latihan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ajaklah anjing bermain sambil berlatih. Lakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit. Lanjutkan lagi dengan latihan 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Selingilah dengan permainan-permainan seperti lempar bola.
  7. Jangan memperlakukan anjing Anda secara kasar atau main fisik. Dalam memberi hukuman, jangan memukul anjing . Tapi lakukan dengan strategi pemberian hadiah. Jika anjing pintar beri hadiah kesukaanya. Namun jika anjing tidak melakukan apa yang Anda mau, hukum dengan tidak memberikannya hadiah, bukan dengan pukulan. Hadiah bisa berupa: treat kesukaannya, pujian, dan elusan. Anjing sangat suka dengan perhatian, sehingga perhatian bisa menjadi hadiah bagi mereka.
  8. Ucapkan perintah sekali saja. Misalnya: “Dogy, sit!” Jangan: “sit sit sit!” Jika belum dilakukan, tunggulah 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Untuk awal latihan, jangan berikan 2 perintah, seperti: “Dogy, sit, shake hand, down!” Anjing bisa menjadi bingung. Tunggulah sampai anjing melakukan perintah pertama, baru berikan perintah selanjutnya.
  9. Kesabaran adalah kunci keberhasilan melatih anjing. Jika manusi membutuhkan proses dalam belajar, demikian juga anjing.
  10. Bersikaplah tenang dan anjing akan menirunya. Jika Anda sedang cemas, anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda.


sumber:  http://anjing.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar