Minggu, 05 Juli 2015

BEBERAPA PANDUAN MEMBANTU ANJING MELAHIRKAN



hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

Panduan Membantu Anjing Melahirkan

Saat anjing sudah memasuki masa-masa melahirkan, mulailah Anda menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhan selama proses melahirkan. Ini akan sangat membantu jika hari H-nya nanti tiba. 
Ketika anjing Anda akan melahirkan, cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik, sehingga Anda bisa bertindak dengan benar.


Beberapa tips berikut ini bisa digunakan sebagai panduan saat Anda membantu anjing melahirkan:
  • Beberapa minggu sebelum melahirkan, persiapkan kotak/tempat kelahiran untuk induk anjing untuk melahiran.
  • Selama 24 jam sebelum tanda-tanda persalinan, temperatur suhu induk mungkin turun sekitar 2°C. Dengan menghitung suhu tubuh sang induk 2 x sehari dan mencatatnya, Anda dapat memperkirakan dengan tepat kapan persalinan akan dimulai.
  • Selama 24 jam sebelum persalinan dimulai, susu sudah diproduksi, kemaluan luar sang induk secara otomatis akan membesar dan lembek, dan selaput lendir yang tebal akan keluar, Saat-saat ini sang induk akan sering membuang air kecil dan mengeden dan sangat membantu proses persalinan.
  • Ketika tanda-tanda kelahiran pertama kali kelihatan, sang induk sebaiknya dibiarkan sendirian.
  • Induk anjing akan berkonstraksi dan meregangkan otot-otot perutnya terlebih dahulu sebelum memberikan kelahiran sebagai usaha untuk mendorong anak-anak anjing keluar.
  • Setiap anak terlebih dahulu akan mengeluarkan cairan-cairan berwarna kehijauan dan terbungkus plasenta yang diikat tali pusar.
  • Kebanyakan anak anjing dilahirkan dengan kepala terlebih dahulu, tetapi sebanyak 1:3 anak anjing mungkin lahir dari bagian belakang, posisi lain masih dinyatakan normal.
  • Bagi Induk yang sudah berpengelaman secara otomatis akan memcahkan kantong pembungkus anak anjing dan menjilatnya hingga bersih. Kemudian induk akan menggigit tali pusar dan memakan plasentanya. Namun, bagi induk yang belum berpengalaman, Anda harus mempersiapkan diri untuk membantunya.
  • Jika induk tidak memberikan tindakan inisiatif saat anak anjing dilahirkan, segera buka bungkusan membran pada anak anjing, bersihkan wajahnya dan buang ingus atau lendir dari mulut dan hidungnya dengan alat penghisap selang atau pipa.
  • Setelah kelahiran anak anjing yang terakhir, sang induk akan berhenti mengejan dan lebih memperhatikan anak-anaknya. Berikan dia kesempatan untuk membuang kotoran dan mendapatkan latihan singkat. Induk mungkin akan mendapat diare selama beberapa hari karena memakan plasenta anak anjing.
  • Vagina induk mungkin akan kelihatan berdarah atau bewarna hijau-kehitaman selama beberapa hari sampai 2 minggu. Hal ini normal.


sumber:  http://anjing.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar