Minggu, 05 Juli 2015

BEBERAPA CARA MEMBERSIHKAN TELINGA ANJING



hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

Membersihkan Telinga Anjing

Membersihkan telinga anjing secara teratur merupakan bagian penting dalam perawatan anjing. Karena jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran telinga akan menumpuk dan menyimpan bakteri sehingga dapat menghambat aliran udara. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga.

Membersihkan telinga sebaiknya dimulai saat anjing berusia muda, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. 

Ikuti langkah-langkah berikut dalam membersihkan telinga anjing:
  1. Siapkan pembersih telinga, kapas, dan pinset.
  2. Dudukan anjing di kursi dekat samping Anda.
  3. Berbicaralah dengan tenang pada anjing Anda. Jika anjing Anda menarik diri, sangat membantu untuk menggunakan tali panjang yang dapat membungkus kaki atau pinggang Anda. Duduk nyaman atau berlutut di samping anjing Anda terus peluk dia dengan aman dan lembut.
  4. Tempatkan botol pembersih telinga dalam semangkuk air panas. Kocok botol sesekali dan ganti dengan air panas ketika air sudah tidak panas. Biarkan botol di air panas selama 5-7 menit. Hal ini akan menghangatkan cairan pembersih telinga anjing, yang membuat proses ini lebih nyaman untuk anjing.
  5. Angkat telinga anjing dan lihat ke bawah saluran telinga. Kemungkinan Anda akan melihatnya dilapisi dengan zat kotoran berwarna cokelat.
  6. Jangan menggunakan cotton bud atau apa pun untuk menyodok telinga anjing. Telinga mereka dirancang secara berbeda dengan manusia dan Anda dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.
  7. Sediakan selembar kapas kosmetik dan jepit dengan menggunakan pinset. Setelah itu gulung pinset dengan kapas. Besarnya gulungan disesuaikan dengan lubang telinga anjing. Lebihkan kapas diujung pinset agar ujung pinset tidak melukai telinga anjing.
  8. Basahi kapas dengan alkohol 70%. Jangan terlalu basah agar alkohol tidak masuk ke dalam gendang telinga. Untuk memastikan sebaiknya kapas diperas terlebih dahulu agar sisa alkohol bisa terbuang. Bersihkan telinga dengan cara memutar pinset pada bagian yang kotor.
  9. Agar lubang telinga terhindar dari masuknya air maka kita perlu menyumbat lubang telinga dengan menggunakan kapas.
  10. Ambil kapas secukupnya dan buat seperti bola dengan ukuran sedikit lebih besar dari lubang telinga. Masukan dengan menggunakan jari.
  11. Gunakan pinset untuk memposisikan kapas lebih dalam dan pastikan kapas tidak terlepas pada saat anjing bergerak. Posisi kapas tetap harus terlihat
  12. Basahi kapas dengan larutan pembersih telinga anjing dan usap telinganya. Ulangi sampai kotoran bersih lalu kemudian berpindah ke telinga berikutnya.
  13. Beberapa anjing memiliki bulu di dalam liang telinga mereka. Ini akan membuat pembersihan telinga lebih sulit dan juga membuat telinga anjing lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Hilangkan rambut dari telinga anjing dengan memotongnya.
  14. Selama proses pembersihan telinga, beri treats dan pujian dan berbicaralah dengan anjing menggunakan nada ceria dan bahagia. Hal ini akan membantu untuk mempermudah anjing menghadapi ketakutannya saat pembersihan telinga.
 
 
 
 sumber: http://anjing.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar